Rabu, 04 Agustus 2010

Pejabat Dinas Kesehatan Bekasi Ikuti Pelatihan QI Person

Sebanyak 38 pejabat di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (3/8), mengikuti pelatihan “Quality Implementation (QI) Person”, materi pelatihan yang dicuplik dari konsep besar metode pengembangan jiwa kepemimpinan “QI Leadership” yang menjadi produk unggulan CoreAction Result Consulting. Pelatihan ini dilaksanakan di Hotel Grand Cikarang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Muharman, menjelaskan, saat ini pelayanan petugas Puskesmas di wilayah kerjanya sudah cukup baik, namun sayangnya masih saja ada warga yang mengeluh.
“Karena itu setelah pelatihan ini, saya berharap tak ada lagi keluhan warga,” tegasnya.
Pelatihan yang dilaksanakan pada pukul 09.00-17.00 WIB tersebut berlangsung dalam suasana yang hangat dan komunikatif, karena sebagai trainer yang manyampaikan materi “QI Person”, Kevin Wu mampu membuat para pejabat peserta pelatihan tak hanya duduk diam sambil menyimak apa yang dipaparkan, namun juga menjawab apa yang ditanyakan, dan bahkan tertawa jika di sela-sela paparannya, Kevin Wu berguyon.
Kevin menjelaskan, untuk dapat mengelola Puskesmas dengan baik, hendaknya para peserta pelatihan memperhatikan lima hal, yakni wake up, dress up, step up, back up, dan grow up. Artinya, para pejabat sebaiknya jangan bermimpi warga tidak mengeluh jika pelayanan yang diberikan hanya sekedar memenuhi standar, atau bahkan kurang. Juga jangan berharap dapat memberikan pelayanan yang terbaik jika tidak memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang tata cara mengelola Puskesmas yang berkualitas, serta tidak melakukan langkah nyata untuk melakukannya.
Selain itu, para peserta juga diminta mem-back up apa yang dilakukannya dengan memanfaatkan waktu, tenaga, fikiran, dana, dan semua sumber daya yang ada untuk mendukung peningkatan kualitas pelayanan, serta terus meningkatkan pelayanan tersebut meski tak ada lagi warga yang mengeluh.
“Dengan ini, yakin dan percayalah, Puskesmas-puskesmas di Kabupaten Bekasi akan termasuk sebagai Puskesmas terbaik di Indonesia,” kata trainer yang juga managing director CoreAction Result Consulting tersebut.
Beberapa peserta ada yang sempat meneteskan air mata ketika pelatihan tiba pada sesi perenungan yang menuntun peserta untuk menyadari potensi apa yang ada dalam dirinya, apa saja sesungguhnya yang dapat dilakukan dengan potensi itu, dan untuk siapa selama ini peserta berkarir di lingkungan Pemkab Bekasi, khususnya di Dinas Kesehatan.
Pada triwulan II 2010 ini, pelatihan QI Person yang diikuti pejabat di lingkungan Dinas Kesehatan merupakan pelatihan kedua setelah pelatihan yang diikuti karyawan Dakta FM 107 Bekasi pada 3 Juli 2010 lalu.

0 komentar:

Related Posts with Thumbnails

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP